Base Camp :

Perum Cempaka Asri Block F-6A Tembokrejo - Pasuruan

Facebook Profile

Rakhman Trie | Buat Lencana Anda
">

About Me

Foto saya
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Saya lahir dalam kondisi masih bayi, tepatnya Hari Selasa Legi tanggal 11 Mei 1976. Itupun gak boleh langsung sekolah, harus nunggu sampek cukup umur. Akhirnya lulus SMA tahun 1994. Kuliah Diploma 1 di UNIBRAW Malang ambil jurusan TI sampe tahun 1995. Karena ngikut UMPTN gak jebol-jebol....aku kul lagi di UNTAG Sby ambil Teknik Mesin. Pada smstr 5 aku diiming-iming pekerjaan dengan posisi dan gaji yang lumayan, YAOKELAH...Kuliah mangkrak...Mulai kenal internet sejak 1 Januari 2009, gara-gara promosi speedy.

Rabu, 27 Januari 2010

Tips & Trick Editing Video Terbaik




Dulu kata Editing Video sangatlah identik dengan masalah perfilman. Ketika orang mendengar kata Editing Video, orang berpandangan bahwa orang-orang yang mengerjakannya adalah seorang editor film, sutradara, dll. Dan untuk mengerjakannya membutuhkan dana yang sangat besar. 
Pada postingan kali ini akan saya jelaskan secara padat mengenai masalah ini.
Kini sudah bukan zamannya lagi jika pengeditan hasil rekaman video yang Anda buat sendiri memakai handycam maupun kamera yang lebih canggih lainnya Anda serahkan kepada pihak video editor profesional. Hal ini karena Anda pun sebenarnya dapat melakukannya sendiri di rumah menggunakan komputer Anda sendiri. Sebagai pendukung tentunya anda harus mempunyai satu atau lebih unit computer. Kalo mau edit video ke rental kayaknya rancu. 

Spek komputer yang saya rekomendasikan disini adalah :
  • Processor AMD Phenom X4 9550 Quad Core
  • Memory DDR2 Kingston CL5 3GB
  • PCI Express NVidia9400GT
  • Fire Wire Card
  • Hardisk 500GB
  • DVDRW

  • Speaker
Untuk yang spek komputernya dibawah rekomendasi saya, saya turut prihatin dan saya doakan bisa bersabar dalam mengerjakan proses editing. Untuk yang upper...ya.. syukurlah.


Untuk Software yang harus siap diinstall :
  • O/S Windows 7 Ultimate 
  • Pinnacle Studio 14 HD Ultimate or lower version        download
  • 3dAlbum CS 3.28        download
  • Adobe After Effects Ver. 7 or lower       download
  • Sony Vegas Ver. 9.0 or lower        download
  • Nero 8       download


Langkah-langkah :  

1. Import/Capture
Proses capture adalah proses transfer video+audio dari handycam ke komputer. Untuk kualitas gambar & suara yang maksimal kita sebaiknya menggunakan jalur dv dari handycam ke FireWire card yang tentunya sudah terpasang pada CPU dan telah terinstall drivernya. Dalam proses ini kita membutuhkan konektor berupa kabel dv 4-6. Software yang kita gunakan disini adalah Pinnacle. Mengapa harus pinnacle ? Karena saat proses capture, Pinnacle langsung bisa memisahkan video menjadi scene per frame. Hal ini sangat memudahkan dalam proses editing. Pilih tab Import/Capture, setting input device (DV), output (DV AVI). Klik Start Capture dan tunggu sampai video selesai, klik stop capture. Setelah itu kita menuju proses selanjutnya yaitu mengedit video yang telah masuk ke dalam hardisk. Perlu diketahui juga dalam proses editing kita memerlukan space hardisk yang besar, hal ini dikarenakan untuk 1 jam video kita membutuhkan sekitar 14GB space hardisk untuk format AVI.


2. Edit 
Proses edit inilah yang sangat berpengaruh terhadap kualitas video yang akan kita kerjakan. Untuk para editor dianjurkan mempunyai kreatifitas yang tinggi terutama dalam proses editing opening video. Terkadang orang menilai kualitas editing video dari hasil kreatifitas openingnya, baru menilai hasil kejernihan gambarnya. Langkahnya klik tab Edit pada Pinnalce, seleksi semua scene pada frame videonya, drag semua frame ke timeline. Tersedia 3 tampilan timeline, Storyboard-Timeline-Text. Untuk para pemula sebaiknya gunakan storyboard view supaya lebih mudah. Pilih Tool Transitions dan pilih transisi sesukamu dan drag diantara scene editor sampai akhir video. Nah...sekarang tinggal kita bikin opening dan endingnya. Untuk Opening & Ending kita bisa make program 3d Album CS untuk animasi foto, divariasi dengan montage & text pada Pinnacle. Jika anda ingin animasi text yang lebih extreem, pake aja Adobe After Effects 7. Sekarang simpan dulu project anda sebelum listrik mati.


3. Render 1  
Langkah selanjutnya adalah render video. Render adalah proses penggabungan scene-scene yang telah kita edit tadi menjadi satu file. Klik tab Make Video, setting output yang anda inginkan. Bisa langsung render+burn ke VCD, SVCD, DVD, bisa juga dirender jadi file dengan format AVI, Mpeg1, dll. Saya rekomendasikan pilih render jadi file dengan format AVI (DV) untuk hasil yang maksimal. Klik render. Tunggu proses render pertama sambil mendesain covernya. Jika anda ingin menjadikan video anda menjadi DVD version, anda bisa langsung burning file AVI ini pake TMpegEnc atau pake NERO. Beres deh....Untuk yang ingin menjadikannya menjadi VCD version ikuti langkah berikut !.



4. Render 2  
Setelah proses render pertama selesa, tutup program Pinnacle dan buka program Sony Vegas 9.0. Open aja file AVI yang telah anda render pada langkah 3. Klik File-Render As, Kasih nama file, Save as pilih aja MPEG-1, klik custom, klik tab project, pilih quality best, Klik OK, Klik save. Dah deh...tinggal tunggu sampai proses render selesai. Perlu saya garis bawahi bahwa bisa saja anda dari langkah no. 3 langsung anda burning pake Nero, tapi saya jamin hasil render gak ada yang ngalahin Sony Vegas, trust me.....



5. Burning  
Hasil render 2 adalah file mpeg, langsung aja buka Nero 8 Express, pilih video/pictures-Video CD, add file mpeg tadi dan burn. Ingat...! untuk speed saya anjurkan 16x saja.

Ok...selamat menjadi editor professional...


Klik Other Post Here..



4 komentar:

Anonim mengatakan...

Thax bos..Lumayan buat tambah-tambah ilmu ngedit

wahyulil mengatakan...

ych...

mntb mz Ilmunya

tp sygnya g mmdai pnykq

-,-

Anonim mengatakan...

How do I make money from my bankroll? - Work-Tomake
You want to earn money from หาเงินออนไลน์ your bankroll? There are a couple ways that you can do this.

parthamaaske mengatakan...

Wynn Palace and the Mirage set for reopening - JT Hub
Wynn Palace and the 경기도 출장마사지 Mirage 목포 출장마사지 are 시흥 출장안마 set 부천 출장샵 for reopening on Thursday, Dec. 25, 2020. JT Hub/Wynn 경주 출장샵 Palace and the Mirage are set for reopening on Thursday, Dec. 25,

Posting Komentar

Followers

 
Copyright CYBER HOME STUDIO 2010.
Converted To Blogger Template by Anshul .